Google Memanfaatkan Anda

Ini adalah contoh lain dimana Google membuat solusi bisnis nya dengan memanfaatkan anda secara gratis (lanjutan dari artikel sebelumnya:

Anda Menggunakan Google? Tidak, Anda Digunakan Google!).


Pertama, masalahnya. Banyak perusahaan yang mencoba mendeskripsikan keberadaan para customer, menghadap ke manakah si customer bila di suatu tempat. Ini adalah untuk menjawab pertanyaan: Dimanakah saya? Bila ada perusahaan yang mampu menjawab ini dengan aplikasi nya maka semua iklan kontekstual, layanan-layanan yang berbasis lokasi dan semua hal yangterkait dengan aplikasi pemetaan menjadi nyata. 
Bagaimana itu diimplementasikan?
Pertama, Google mulai melakukan layering melalui peta satelit ke peta jalan. Kemudian Google mengimplementasikan Street View. Niat Google yang sangat berani adalah mengirimkan mobil-mobil yang diperlengkapi secara khusus ke berbagai penjuru dunia untuk mengambil photo setiap jalan dan setiap rumah dan setiap bisnis. Kemudian Google mem-foto rumah anda, apa yang sebenarnya sedang mereka lakukan dan mengapa melakukan itu?
Karena berbagai hal (karena keputusan2 anda, investasi2 rumah anda, dan tenaga anda), rumah anda dianggap nampak berbeda dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitar anda. Street View kemudian akan mengekploitasi perbedaan ini sebagai cara untuk membantu users, sedang menghadap kemana mereka ketika berda di jalan di dekat rumah anda.

Tidak sampai disitu saja, dalam tiga tahun terakhir, mobil-mobil Google Street View telah mengambil dan mengidentifikasi data dari jaringan-jaringan Wi-Fi di sekitar rumah anda. Google mengatakan bahwa pengambilan data ini adalah kecelakaan yang disebabkan oleh versi software sebelumnya yang mereka gunakan.
Mungkin Google hanya ingin mengambil data semua MAC address yang bisa diambil, namun mengambil data-data yang lain adalah bagian dari kecelakaan yang dimaksud.
Maksud dari pengambilan data dari jaringan Wi-Fi adalah sama dengan ketika mengambil foto rumah anda: Lokasi.  Dengan menghubungkan MAC address jaringan di rumah anda dengan lokasi tertentu di jalan rumah anda, Google bisa membangun database yang meningkatkan atau bahkan menggantikan lokasi GPS.

Sangat aneh bila, pengambilan gambar Street View dianggap sebagai sesuatu yang acceptable di banyak negara (kecuali Jerman yang sangat menentang hal ini) dan data Wi-Fi adalah merupakan pelanggaran yang keras. Nyatanya, kedua hal tersebut dilakukan dengan mudah dan bersamaan.

Dengan kombinasi kedua data itu di database Google, Google bisa mengatakan kepada para pengiklan mereka dimanakah anda berada sekarang.
Intinya adalah, apapun yang anda lakukan disekitar rumah anda semuanya adalah gratis bagi Google!
Jadi anda bekerja dan Google yang menjadi kaya. Dan banyak lagi website yangmenghasilkan kekayaan akibat apa yang kita kerjakan untuk mereka.

Web 2.0, social networks dibangun berdasarkan aktivitas para penggunanya. Bila anda menggunakan Facebook, Digg, Twitter atau social network (web 2.0) yang lain, bisa dipahami bahwa value diciptakan oleh aktivitas penggunanya. Namun di dalam social network, kita saling memberi dan menerima. Itu adalah system yang bersiafat pilihan bagi penggunanya untuk saling berbagi satu sama lain.

Tidak sama dengan reCAPTCHA dan Street View. Orang-orang yang bekerja tidak perlu pengguna Google. Bahkan meskipun kita memutuskan untuk tidak menggunakan Google -- atau memboycott Google sekalipun --- kita tetap saja bekerja untuk Google, dan gratis.

Apakah ini adalah rencana jahat yang harus ditentang? Tidak sama sekali. Inilah masa depan, dan Google hanyalah perusahaan yang sudah sampai di sana terlebih dahulu.

Jadi sebaiknya anda menggunakan Google semaksimal mungkin, karena Google juga memanfaatkan Anda!


Share this

Jika ada artikel yang bermasalah laporkan kepada kami lewat komentar dibawah ini.
Blog Ini DOFOLLOW silahkan berikan komentar sesuai artikel. komentar yang ngaco / spam akan di hapus.

Terima Kasih.